Yang Liwei, Astronot Cina Ketakutan di Pesawat Luar Angkasa Shenzhen 5

Gara-gara dengar suara ketukan di pesawatnya saat mengorbit di luar angkasa, astronot Tiongkok Yang Liwei ketakutan.

Dalam sebuah wawancara, Yang Liwei menceritakan pengalaman "menakutkan" di luar angkasa yang hingga kini masih membuatnya penasaran.
Astronot pertama Tiongkok itu mengatakan bahwa pada misi perjalanannya di 2003, dirinya pernah mendengar suara seperti ketukan pada pesawatnya.
Saat itu, Yang Liwei ditugaskan untuk mengorbit selama 21 jam di pesawat Shenzhen 5.

Suara tersebut sempat membuat Yang Liwei ketakutan namun penasaran, sebab ia tak tahu dari mana asal suara itu.

"Suara itu datang antara dari dalam atau luar pesawat," cerita Yang Liwei.

"Tapi, suara ketukan pada badan pesawat itu seakan terdengar seperti sebuah ember besi diketuk menggunakan palu kayu," katanya.

Yang Liwei mengatakan dirinya sempat ketakutan akibat suara itu, namun karena penasaran ia tetap saja mendekati asal suara untuk mencari tahu.

Setelah kembali ke bumi, Yang Liwei segera melaporkan soal adanya suara itu kepada tim teknisi, tapi masih tak diketahui suara apa itu.

Namun, ternyata Yang Liwei tak sendiri, sebab para astronot yang mengorbit dengan Shenzhou 6 dan Shenzhou 7 juga mendengar suara yang sama.
"Tapi, saya bilang ke mereka bahwa sepertinya suara itu adalah fenomena biasa, jadi tak perlu khawatir," kata Yang Liwei.

Misi perjalanan Yang Liwei dengan Shenzhen 5 menjadi misi paling bersejarah bagi perkembangan misi luar angkasa Tiongkok.

Sebab, misi tersebut merupakan misi pertama Tiongkok yang mengirimkan manusia ke luar angkasa.

0 Response to "Yang Liwei, Astronot Cina Ketakutan di Pesawat Luar Angkasa Shenzhen 5"

Posting Komentar